Seorang ibu pastilah seorang perempuan. Tapi seorang perempuan belum tentu mampu menjadi ibu yang baik.

Heeemm, dalam sidang pleno V Konkernas PGRI IV, yang belangsung di Ballroom Hotel Adi Mulya Medan, 28 Januari 2017, secara aklamasi para pesrta mengarahkan jaris telunjuknya kearah Dr.Unifah Rasyidi untuk mengambil kendali kepemimpinan PB PGRI.Persis acara konkernas itu sebenarnya lebih pantas disebut pengukuhan setelah kurang lebih setahun menjadi pelaksana tugas ketua umum menggantikan Dr.Sulistyo(almarhum).

Dalama stille kepemimpinannya, Bunda Hanifah, bisa disebut mampu menjadi ibu yang baik dalam merajut potensi organisasi. Sekat – sekat yang mulai mengeras, telah mampu ditembus dengan penampilan dan gaya yang elegant. Ia ternyata mampu berkomunikasi dengan para petinggi negeri. Maka tak berlebihan jika Mendikbud, Prof.Muhajir Efendi terlihat akrab dengan Bu Uni, bahkan. dengan Presiden Jokowi, ia mampu menunjukkan kemampuan komunikasinya.

Oleh sebab itu, diera Sang Srikandi PGRI ini penampilan PGRI lebih soft. Itulah yang menjadi magnet bagi para petinggi negeri untuk lebih dekat dengan PGRI. Tentu tak heran jika Wapres Yusuf Kalla, begitu peduli dengan memberikan dukungan untuk renovasi Gedung Guru Indonesia. Hasilnya, Gedung Guru Indonesia terlihat lebih keren dan siap untuk menjadi Learning Center anggota PGRI.

Sebagaimana disampaikan dalam salah satu materi pidatonya, ia telah menyiapkan jurus – jurus untuk mengisi program PGRI lebih bernas lagi. Kerjasama yang sudah dilakukan dengan Unair, Microsoft, Sriwijaya Air, Bulog, Telkom dan beberapa mitra lainnya akan menjadi kredit point kepemimpinannya hingga tuntas di tahun 2018.

Pada sisi lain, ia begitu care terhadap nasib honorer dan nasib guru Indonesia, khususnya bagi penerima tunjangn sertifikasi. Dihadapan Mendikbud, ia mampu menyampaikan suara terdalam guru Indonesia.

Itulah Ibu Unifah Rasyidi, yang kita harap menjadi ibu bagi semuanya. Menjadi ibu yang bijak bagi jutaan anggota PGRI di persada negeri. Selamat kepada Bunda Unifah Rasyidi, yang keriban sampur kepemimpinan saat ini. Semoga dimudahkan  Allah dalam menjalankan amanah organisasi.

 

Hotel Danau Toba,29 Januari 2017

oleh : Dimasmul Prajekan