Selasa, 9 Juni 2020 pukul 14.00-15.30 WIB melalui aplikasi zoom, Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia mengadakan diskusi tentang kesiapan sekolah Swasta dalam menghadapi wabah Covid-19. Diskusi ini dihadiri oleh 68 orang peserta dari berbagai kota di Indonesia. Seru juga diskusinya, tak terasa waktu berjalan sangat cepat. Walaupun akses internet kurang bersahabat. Bahkan suara omjay sempat menghilang diakhir-akhir acara. Untunglah kawan-kawan narsum cepat tanggap dan langsung memandu acara yang disiarkan secara langsung ini oleh Wijaya Winarja yang biasa kami sapa Kang Jaro. Beliau ketua Umum Asosiasi guru IPS Indonesia.

Kegiatan dipandu oleh Omjay (Sekjen Ikatan Guru TIk PGRI) dengan narasumber Bapak Ketua Pengurus Besar PGRI bapak Dudung Nurullah Koswara (DNK), Bapak Caca Danuwijaya pengurus Yayasan Sekolah PGRI, dan Pak Sampun Hamdan, kepala SMK Model PGRI 1 Mejayan. Kemudian ditengah acara Prof Eko Indrajit ikut bergabung bersama kami. Sebelum acara dimulai saya sempatkan putar video youtube sekolah yang bagus ini.

Yuk kita diskusi dan mencari solusi dari permasalahan yang terjadi! Setiap masalah pasti ada solusinya bila kita mau bergotong royong dan saling tolong menolong dalam kebaikan. Kepemimpinan kepala sekolah dan kolaborasi antara guru mata pelajaran di sekolah yang berbeda menjadi penting dalam mencari solusi agar sekolah tetap eksis di masa pandemi. Kemampuan guru berbagi sangat penting. Mari kita belajar dari covid-19. Sampai nanti ya!