Suaraguru-Jakarta. Hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Virtual Persatuan Guru Republik Indonesia yang digelar Selasa, 7/4/2020 melalui video conference salah satunya adalah mengimbau pengurus PGRI di masing-masing provinsi, kabupaten/kota agar membuat posko Crisis Center dalam membantu menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19, dengan melakukan kerjasama dengan pimpinan daerah setempat.

Imbauan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd., dalam Rakornas secara Virtual yang diikuti kurang lebih 500 peserta. “Di masa pandemi seperti ini, kita perlu bergerak cepat ikut membantu pemerintah memutus penyebaran virus Covid-19, maka saya memohon kepada pengurus PGRI provinsi, kabupaten/kota, pengurus perguruan tinggi, dan persekolahan PGRI agar mendirikan Covid Center di daerah masing-masing bekerja sama dengan pimpinan daerah setempat”, terang Unifah.

Imbauan tersebut segera ditindaklanjuti para pengurus PGRI dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, cabang, ranting, pengurus Perguruan Tinggi PGRI, dan persekolahan PGRI dengan mengambil langkah cepat menjalankan instruksi dari Ketua Umum. Hingga saat ini posko Crisis Center Covid-19 sudah tersebar di Sulawesi Selatan, Jambi, Jateng, Riau, Jatim, DKI Jakarta, Kalteng, Kalsel, Sumsel dan beberapa daerah lainnya.

Aksi solidaritas yang dilakukan oleh rekan-rekan anggota menanggapi Crisis Center Covid-19 ini dalam bentuk melakukan edukasi mengenai bahaya corona virus disease serta cara agar terhindar dar virus mematikan tersebut. Lalu menggalang donasi yang didistribusikan ke Rumah Sakit untuk penanganan Covid-19 dalam bentuk APD, handsanitiser, masker, makanan sehat diberikan kepada dokter, perawat serta pasien terpapar covid-19.

Tidak hanya itu, kami memahami betul dengan adanya pandemi ini seluruh masyarakat berpenghasilan harian mengalami dampak ekonomi luar bisa. Penghasilan mereka menurun sangat drastis juga rekan-rekan guru honorer menjadi fokus perhatian utama pengurus PGRI di pusat maupun di daerah.

Selanjutnya bantuan berupa sembako didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan seperti guru honorer, tenaga kependidikan, penjaga sekolah, mereka yang berjaga di daerah perbatasan, serta masyarakat luas. Aksi peduli lainnya yaitu turut membantu pihak kepolisian dalam menertibkan pengguna jalan ajar mematuhi imbauan pemerintah, yakni jika keluar rumah wajib mengenakan masker. Bila kedapatan ada masyarakat tidak mengenakan masker maka rekan-rekan PGRI yang bertugas memberikan himbauan dan masker kepada pengguna jalan.

Penyerahan bantuan untuk masyarakat terdampak dari PGRI Jateng
sumber: PGRI Jateng

Pada Senin (13/4), di halaman Gedung PGRI Provinsi Jateng, dilakukan serah terima APD, Handsanitizer,  masker, dan berbagai perlengkapan untuk pencegahan  penyebaran Covid-19, dari Ketua Pengurus Provinsi PGRI Jawa Tengah, Dr. Muhdi SH MHum kepada Ketua Tim Satgas Pencegahan Covid-19 PGRI Provinsi Jateng Dr. Sapto Budoyo, SH MH dan untuk selanjutnya diserahkan untuk RS dr. Kariyadi Semarang dan sebagian masker seta handsanitizer dibagikan kepada masyarakat umum di sekitar Kampus Upgris.

Pengurus Besar PGRI sangat berterima kasih kepada rekan-rekan anggota, pengurus yang seantiasa bergerak dalam melawan penyebaran Covid-19. Semoga musibah ini segera berlalu, sehingga kita bersama dapat membuka lembaran dan perjuangan baru. Salam Solidaritas PGRI.

(Reporter: wdy, Editor: Catur N.O.)