Jakarta-SuaraGuru. Dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di masa pandemi Covid-19, Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) mengadakan halalbihalal secara virtual pada Sabtu, 5 Juni 2021. Secara terbatas, beberapa Pengurus Besar PGRI hadir secara luring dengan protokol kesehatan ketat di Gedung Guru Indonesia (GGI) jalan Tanah Abang 3/24 Jakarta Pusat. Sebagian besar lainnya jajaran pengurus PB PGRI hadir secara tatap maya melalui platform zoom meeting bersama 500 lebih para pendidik dan pengurus provinsi, kabupaten/kota, serta perangkat kelengkapan organisasi PGRI dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini selain diikuti melalui zoom meeting, juga ditonton sekitar 1300 orang secara live streaming melalui youtube PB PGRI. Kegiatan halalbihalal virtual Pengurus Besar PGRI 1442 H/2021 mengambil tema: Dengan Semangat Ukhuwah, Kita Tingkatkan Iman, Ilmu, Amal, dan Imun.

Ketua Umum (Ketum) PB PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd., mengawali sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo yang setiap tahunnya mengirimkan kartu ucapan Idul Fitri kepada Ketum PB PGRI yang dipandang sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan Presiden kepada para guru. Lebih lanjut, Ketum PB PGRI mengatakan bahwa halalbihalal Idul Fitri tahun 2021 merupakan kali kedua dirayakan PB PGRI secara virtual karena masa pandemi. “Kita tidak boleh terus dirundung rasa sedih di masa pandemi, namun harus optimis untuk terus bangkit. Pandemi menyatukan kita dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, kita tersambung satu sama lain”, ujarnya. Lebih lanjut, Ibu Unifah Rosyidi menyampaikan bahwa dahulu, jika datang ke suatu provinsi, terasa tidak efisien, tapi sekarang melalui virtual tatap maya, seringkali Ketum PB PGRI dapat membuka kegiatan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan ini, Ketum PB PGRI turut mengucapkan ucapan selamat hari Kenaikan Isa Al Masih yang dirayakan umat Kristiani bertepatan dengan hari rayanya umat Islam, yaitu Idul Fitri. Momentum ini dapat dijadikan untuk mempererat persaudaraan dan kebersamaan sebagai suatu bangsa yang  mengedepankan saling toleransi antarumat beragama.

Dirjen GTK Kemendikbudristek RI memberikan sambutan secara live

Ketum PB PGRI juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdiyat, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, Menteri Agama Yaqut Choulil Qoumas , Dirjen GTK Kemendikbudristek RI Iwan Syahri, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Ketua Dewan Pembina PGRI Mohamad Jusuf Kalla, Dewan Pembina PGRI Wardiman Djojonegoro atas ucapan Halalbihalal dan sambutan dalam acara ini.

Sebagai penceramah dalam acara Halalbihalal ini adalah KH. Mukti Ali Qusyairi, MA yang menyampaikan tentang pentingnya kerukunan, toleransi yang menciptakan kedamaian dalam kehidupan bangsa ini. KH. Mukti Ali Qusyairi juga mengupas tema Menjalin Ukhuwah, dengan meningkatkan Iman, Ilmu, Amal, dan Imun dalam perspektif kehidupan di masa pandemi ini. Selalu optimis dalam menjalankan kehidupan di masa pandemi ini dan dapat melalui segala cobaan dan tantangan dengan sebaik-baiknya.

Penceramah KH. Mukti Ali Qusyairi

Di sela-sela acara halalbihalal, dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Penyanyi Solo dan Cipta Lagu Mars yang diselenggarakan Badan Perempuan PGRI dan Departemen Olahraga, Seni, dan Budaya PB PGRI. Kemudian secara simbolis diserahkan donasi sebesar 163 juta dari PGRI Provinsi DKI Jakarta yang diwakili Dr. Urip selaku Wakil Ketua kepada pengurus PGRI Nusa Tenggara Timur disaksikan Ketum PB PGRI. Bantuan diserahkan untuk korban badai Seroja dan banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Provinsi NTT. (CNO)