Oleh: Euis Karwaty dan Eko Supraptono

PGRI dan Education International Consortium Project mengadakan berbagai kegiatan di Kalimantan Timur. Kamis, 18 Juli 2019, bertempat di cabang Tenggarong Kalimantan Timur dilaksanakan kegiatan peluncuran Lingkar Belajar Guru (Teacher Learning Centre). Kegiatan LBG bertujuan menguatkan pengurus di akar rumput tentang tata kelola organisasi.

Para peserta kegiatan pelatihan Advokasi di Kab.Paser Kalimantan Timur, kerjasama PGRI-EI Consortium Project

Kegiatan peluncuran LBG di cabang Tenggarong Kalimantan Timur dihadiri sekitar 700 orang guru Kabupaten Kutai Kartanegara dan turut hadir pula Bupati Kutai Kartanegara. Pengurus PB PGRI diwakili oleh Ibu Dr. Euis Karwaty, M.Pd. dan dari EI Consortium Project diwakili oleh Ibu Desry Darwin.

Perwakilan pengurus PB PGRI, Pengurus PGRI Kaltim, dan staf EI Consortium Project

Kegiatan pelatihan kampanye dan advokasi PGRI Kabupaten Paser Kalimantan Timur berlangsung dari tanggal 18-21 Juli 2019, bertempat di hotel Midtown, Samarinda, Kalimantan Timur.
Sebagai Fasilitator/LO dalam kegiatan ini adalah:
1. Dr. Sitti Aminah, M.Si.
2. Dr.Eko Supraptono, M.Si.
3. Syam Zaini, M.Si.
Pengurus PB PGRI : Dr. Hj Euis Karwati, M.Pd.
Perwakilan EI (Education Internasional): Desry Derwin, MA. dan Amman Laode, S.Pd.
Jumlah peserta sebanyak 28 orang dari 10 cabang dan pengurus kabupaten (pengurus cabang 24 dan pengurus kabupaten 4 orang)
Materi yang dibahas dalam kegiatan pelatihan ini adalah:

1. Konsep dasar Kampanye
2. Penyusunan program kampanye
3. Penyusunan RTL program Kampanye
4. Konsep dasar Advokasi
5. Penyusunan.program advokasi
6. Penyusunan RTL program Advokasi
7. Simulasi Advokasi
Secara umum, tingkat kehadiran peserta cukup baik. Para peserta menghadiri seluruh rangkaian kegiatan yang tertera di jadwal secara tepat waktu dan tepat sasaran. Tingkat aktivitas peserta pelatihan secara umum baik. Para peserta cukup enjoy dan sharing pengalaman organisasi secara aktif dan kreatif dalam menyampaikan pendapat, gagasan serta ide-ide pengembangan organisasi PGRI di cabang masing-masing. Hasil yang diharapkan para peserta memiliki pengetahuan dasar tentang kampanye dan advokasi, dapat mengangkat isu-isu strategis berkaitan dengan hal-hal yang terjadi di dalam organisasi maupun yang berkaitan dengan anggota organisasi PGRI. Dan menyusun program yang dapat diimplementasikan dalam organisasi PGRI kabupaten maupun PGRI cabang, mengimplementasikan hasil pelatihan dalam mengembangkan organisasi PGRI baik di kabupaten maupun provinsi. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Wakil Gubernur Kaltim: Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si. Dan kegiatan ditutup oleh : pengurus PB PGRI, Dr. Hj. Euis Karwati, M.Pd. Kegiatan selanjutnya peserta melaksanakan RTL yang telah disusun pada saat kegiatan pelatihan.

Sumber foto: Desry Darwin (EI Consortium Project)

(CNO/Eko)