Suara Guru – Penghargaan Dwija praja Nugraha merupakan penghargaan tertinggi bidang pendidikan yang diberikan kepada kelapa daerah, bupati yang sangat perduli terhadap pendidikan di wilayahnya.

Di HUT PGRI dan HGN yang dilaksanakan di Stadion Wibawa Mukti, Kab. Bekasi beberapa kepala daerah yang sangat konsen di bidang pendidikan menerima penghargaan tersebut.

Salah satu yang terpilih menerima penghargaan tersebut ialah bupati pesisir selatan Hendra Joni.

Dalam wawancara singkat ia mengatakan pendidikan merupakan suatu yang penting bagi generasi penerus bangsa, dengan memiliki guru yang berkualitas, tingkat kesejahteraan guru terjamin insya Allah dapat menghasilkan kualitas pendidikan yang bermutu.

Salah satu yang dilakukan oleh Joni dalam bidang pendidikan yaitu dengan memberikan peningkatan upah guru honorer. Sebab upah yang di terima guru honorer sangatlah tidak layak. Mereka hanya mendapatkan 200/bulannya, sangat jauh dari kata sejahtera. Bagaimana bisa guru memberikan pelayanan terbaiknya kepada siswa dengan upah yang demikian rendahnya.

Dibawah kepemimpinannya ia mengucurkan 20% dari APBN khusus untuk pendidikan. Bentuk kerja yg ia lakukan yaitu melakukan pengangkatan guru honorer menjadi juru kontrak. Upah yang diterima kini tidak lagi 200k namun 750k hampir 200% tingkat kenaikan yang diterima.

Dengan adanya kenaikan honor yang diterima diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan guru sehingga dapat memaksimalkan proses transfer ilmu di ruang kelas.

Untuk pertama kalinya Joni mendapatkan penghargaan bergengsi dalam pendidikan, kedepannya ia akan terus memperhatikan kesejahteraan guru demi menjamin pendidikan yang bermutu, demikian penjelasan singkat. Widya