JAKARTA, KOMPAS — Harian Kompas berkomitmen untuk berperan dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan materi yang bisa dimanfaatkaan sebagai bahan ajar guru di tingkat sekolah.

Harian Kompas dalam bentuk digital, yaitu Kompas.id, mulai Senin (5/3) ini dapat diakses secara bebas oleh anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Diharapkan, konten-konten dalam Kompas.id dapat dimanfaatkan sebagai bagian materi bahan ajar oleh sejumlah guru yang tergabung di PGRI.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Kompas Media Nusantara dan PGRI dilaksanakan di kantor Redaksi Kompas di Jakarta, Senin. Harian Kompas diwakili Pemimpin Redaksi Budiman Tanuredjo, sementara PGRI diwakili oleh Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi.

”Kami terus mengelaborasi agar kehadiran Kompas juga bermanfat bagi para guru dan para guru bisa memanfaatkan platform Kompas.id untuk menyumbangkan pikirannya demi kebaikan Indonesia di masa depan,” ujar Budiman.

Budiman berpendapat, konten-konten Kompas.id, termasuk konten Tutur Visual, dapat membantu guru untuk menjelaskan suatu peristiwa kepada para murid. Misalnya, konten yang terkait sejarah benteng di Indonesia. Melalui proses jurnalisme, data yang sudah dikumpulkan dapat diolah secara visual dan disajikan dalam bentuk infografis sehingga menarik bagi murid.

 

Hal ini disambut baik oleh Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi. Menurut dia, model pembelajaran di sekolah saat ini harus lebih bersifat interaktif. Topik yang disampaikan ke murid perlu diperkaya dengan konten multimedia.

”Ini (konten multimedia) lebih menarik sebagai bahan dalam proses pembelajaran. Mereka (murid-murid) bisa mendapatkan pengalaman riil dalam bahan ajarannya karena ditampilkan secara visual,” kata Unifah.

Unifah berharap, kerja sama harian Kompas dan PGRI bisa terus berkembang. Nantinya, konten yang ditawarkan dalam Kompas.id juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap di fasilitas learning center (pusat pembelajaran) milik PGRI. Learning center ini digunakan sebagai tempat latihan dan belajar serta membantu para guru agar lebih baik dalam menguasai teknologi digital. (DD04)

Sumber:

https://kompas.id/baca/utama/2018/03/05/konten-kompas-id-menjadi-materi-bahan-ajar-guru-se-indonesia/

However, the prestige buy 5 page research paper online of the school is not the only consideration when weighing the value of a degree