Suara Guru – Persatuan Guru Republik Indonesia terus bergerak terstruktur, sistematis, dan massif dalam upaya meningkatkan kompetensi para guru. Sabtu, 7 September 2019, bertempat di Hotel Krida Wisata Bandar Lampung, PGRI Provinsi Lampung melalui Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Lampung, mengadakan kegiatan Lokakarya Menulis Digital: Pemanfaatan Wikipedia sebagai sarana pengembangan literasi digital. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program Wikilatih PGRI 2019 kerjasama PB PGRI dengan Wikimedia Indonesia.

Kegiatan wikilatih PGRI 2019 di PGRI Lampung

Sumber foto: Istimewa

Ketua APKS PGRI Lampung, Adi Sucipto selaku ketua panitia, mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia, dan respon positif para peserta. Diharapkan para peserta dapat terus mengembangkan ilmunya untuk berbagi pengetahuan kepada sesama. Ketua PGRI Lampung, Wayan Satria dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif bagi guru, kepala sekolah, pengawas untuk terus menambah ilmu pengetahuan. “Guru tidak boleh berhenti belajar, dan harus aktif dalam berorganisasi profesi seperti PGRI, ujarnya. APKS PGRI Lampung sudah beberapa kali mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi guru. Pada kegiatan ini dipamerkan pula beberapa hasil karya guru-guru yang tergabung dalam APKS PGRI Provinsi Lampung. Di dalam APKS PGRI Lampung banyak bergabung guru-guru muda potensial yang berprestasi dan banyak berkarya literasi.

Pengurus APKS PGRI Lampung bersama narasumber

Sebanyak 30 orang peserta hadir yang merupakan perwakilan dari 15 Kab/Kota yang ada di Provinsi Lampung. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan pentingnya guru profesional, yang disampaikan oleh H.Ilyas Sekum PGRI Lampung. Narasumber utama, Catur Nurrochman Oktavian dari Pengurus Besar PGRI bersama Dimas Hardijanto dan Affandy Murad dari Wikimedia Indonesia. Catur memaparkan pentingnya guru menjadi produsen pengetahuan dengan menulis salah satunya melalui Wikipedia ensiklopedia daring yang jejaringnya sudah mendunia. Para peserta dilatih cara membuat akun, membuat artikel, menyunting dasar sesuai format penulisan di wikipedia. Diharapkan para guru terus menulis berkontribusi untuk membebaskan dan berbagi pengetahuan melalui Wikipedia.

Menurut Dedi, salah satu peserta dari Kabupaten Way Kanan, Lampung, kegiatan ini baru pertama diikutinya dan sangat bagus untuk terus dikembangkan di seluruh Kabupaten melalui APKS PGRI agar para guru rajin berkontribusi dalam berbagi pengetahuan melalui wikipedia.

/CNO/