Suara Guru – PGRI terus bergerak nyata dalam membantu guru untuk meningkatkan kompetensinya. Kali ini dengan berkolaborasi dengan Wikimedia Indonesia dan AGSI PGRI Kalbar, mengadakan kegiatan Lokakarya menulis di Wikipedia, situs ensiklopedia daring yang jejaringnya telah mendunia.

Para peserta, Narasumber, Kepala LPMP Kalbar, Pengurus PGRI Kalbar, dan panitia lokakarya

Kegiatan lokakarya menulis digital PGRI – Wikimedia dimulai pukul 08.15 diawali sambutan dari Ketua AGSI Kalbar, Nofendra, S.T., M.Pd., dilanjutkan dengan sambutan Kepala LPMP Kalbar, Drs. Aristo, M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala LPMP Kalimantan Barat mengatakan bahwa di era revolusi industri 4.0 saat ini, ada peran guru ketiga bagi anak didik yaitu teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Peran guru bergeser dari semula mengajarkan memindahkan ilmu pengetahuan menjadi menciptakan situasi belajar bagi anak didik. Tetapi, kehadiran guru tidak akan tergantikan karena dalam mendidik tetap diperlukan kehadiran manusia secara fisik. Perwakilan pengurus PGRI Kalimantan Barat, Dr. Wahyudi, M.Pd. mengatakan bahwa guru sulit naik pangkat apabila tidak mempublikasikan karya tulis ilmiah. Tunjangan profesi guru harus dioptimalkan peruntukkannya di antaranya untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Agar mampu menulis, maka guru harus banyak membaca. Untuk itu, guru bersertifikasi perlu menyisihkan dana setiap bulannya untuk membeli buku. PGRI Kalbar mengucapkan terima kasih kepada LPMP Kalbar yang telah memfasilitasi tempat pelaksanaan kegiatan ini. Tepat pukul 09.50 WIB, Dr Wahyudi, M.Pd. membuka secara resmi kegiatan ini. Acara pembukaan diakhiri dengan sesi foto bersama para peserta dengan narasumber, Kepala LPMP, dan Pengurus PGRI Kalimantan Barat.

Kegiatan Lokakarya menulis Wikipedia hari pertama

Seusai pembukaan, tepat pukul 10.00 WIB, lokakarya dimulai dengan pemateri Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd dari PB PGRI dan Raymond Sutanto dari Wikimedia Indonesia. Para pemateri sebelumnya telah mengikuti Training of Trainers (TOT) menulis di Wikipedia yang diselenggarakan PB PGRI bekerjasama dengan Wikimedia bulan Februari lalu. Materi disampaikan diiringi tanya jawab dan praktik langsung menulis di wikipedia.

Para peserta terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti pemaparan yang disampaikan. Kegiatan hari pertama selesai pukul 15.00 WIB, dan para peserta menghasilkan tulisan artikel pertamanya di Wikipedia. Peserta yang mengikuti kegiatan di hari pertama terdiri dari para guru SD, SMP, dan SMA yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Semangat para guru anggota PGRI mengikuti kegiatan ini terlihat dengan kehadiran peserta yang berasal dari Kabupaten Melawi, Sintang, Bengkayang, dan Ketapang berjarak ratusan kilometer dan memakan waktu perjalanan sekitar 7-12 jam. Salut kepada guru-guru karena semangatnya menambah ilmu!

Kegiatan lokakarya menulis di Wikipedia ini akan dilanjutkan di hari kedua, Minggu 4 Agustus 2019 dengan narasumber Endang Setyaningsih dari AGP PB PGRI dan Zhilal dari Wikimedia. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan di hari kedua sama dengan jumlah peserta di hari pertama, yaitu 20 orang guru. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama PB PGRI, Wikimedia Indonesia, AGSI PGRI Kalbar, dan PGRI Provinsi Kalbar.

/CNO/