Oleh Jejen Musfah

Mengapa fakta menunjukkan lulusan SMK banyak menyumbang angka pengangguran?

SMK itu ibarat membuat kue. Jika kualitasnya bagus dan enak maka akan disukai pembeli dan akan banyak yang senang dan menjadi pelanggan. Demikian intisari jawaban Badrul Ilmi, mantan Kepala SMK di Simalungun Sumut, saat kami bertemu (3/12).

Bagaimana cara membuat lulusan SMK diterima dunia kerja?

Kuncinya pada fasilitas, kompetensi guru, dan kerjasama dengan dudi. Jika ketiganya ada maka lulusan SMK akan berkualitas sehingga sesuai dengan kebutuhan dudi.

Faktanya, banyak SMK tetapi fasilitas dan gurunya tak memadai. Tidak juga bekerjasama dengan dudi yang mapan seperti Honda, Toyota, dan hotel bintang lima.

Peran kepala sekolah penting dalam meningkatkan mutu lulusan. Misal, ia bisa melobi bupati untuk mengundang dudi agar bisa menerima siswa SMK untung magang; ia bisa langsung menemui ketua asosiasi dudi agar memberikan dukungan kepada siswa untuk magang di dudi tertentu.

Karena itu, kualitas dan komitmen kepala sekolah sangat penting. Mereka yang biasa kritis, mampu bekerjasama, komunikasinya bagus, dan kreatif.

Kepala sekolah yang biasa saja perlu diganti. Pengawas dan dinas pendidikan bertanggung jawab dalam mencari dan menempatkan kepala sekolah yang kompeten dan komitmen tinggi terhadap kemajuan pendidikan.