Jakarta-SuaraGuru. Indonesia perlu mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di era transformasi digital saat ini. Bukan hanya siswa, namun juga guru-guru dalam menyampaikan pembelajaran. Sebagai pendidik, sangat penting bagi guru untuk memahami dan mengikuti kemajuan teknologi sebagai basis pengembangan kapasitas diri maupun pengembangan peserta didik.

Microsoft Indonesia hingga kini  telah menjalin kerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam bentuk pemberian pelatihan penggunaan Office 365 Education kepada 3,5 juta anggota PGRI secara gratis. Kerjasama ini juga sekaligus adanya pemberian pelatihan terkait penggunaan teknologi berbasis komputasi awan.

Pembukaan Strategic Partnership Signing Ceremony, PGRI dan Microsoft Indonesia, Kamis, 24 Juni 2021

Sejauh ini sudah banyak guru yang menerima manfaat dari kerjasama antara Microsoft dan PGRI, tak berhenti di situ saja, kini Microsoft menggandeng provinsi dan kabupaten/kota dalam pemerataan dan mempermudah akses pendidikan.

Haris Izmee selaku Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia pada kegiatan Strategic Partnership Signing Ceremony, Kamis (24/6/2021) yang terlaksana secara daring menyampaikan bahwa pihaknya dan PGRI kerja sama dengan sepuluh provinsi dan kabupaten kota memberikan ToT terkait Microsoft 365 bagi para guru di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Gorontalo, Kota Kendari, Kota Madiun, Kota Samarinda, Kota Muna, Kota Balikpapan, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Kaur.

Pelatihan dan pendampingan ini harapannya dapat mentransformasi sekolah, guru serta siswa di Indonesia serta terjadinya pemerataan dalam memperoleh akses pendidikan, terang Haris Izmee.

Dirjen PAUD dan Dikdasmen, Jumeri menyampaikan pidatonya terkait Building Nation through Modernizing Education. Digitalisasi sekolah merupakan implementasi new learning, multimedia, collaboratif work dan critical thinking. Jumeri mengharapkan dengan adanya kerjasama ini, para guru dapat menjadi fasilitator pembelajaran yang mampu memanfaatkan teknologi secara efektif dan efisien.

Meskipun dalam situasi dan kondisi pandemi yang tengah bergulir, pendidikan tidak bisa ditunda dan harus terus berjalan. Dengan teknologi pendidikan, pembelajaran online merupakan metode yang mutakhir sehingga kegiatan belajar mengajar dapat terus berjalan. “Kerjasama yang dilakukan dengan Microsoft Indonesia merupakan suatu berkah bagi guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemanfaatan teknologi. Kegiatan ini sangat memberikan manfaat luar biasa”, ujar Unifah Ketua Umum Pengurus Besar PGRI dalam sambutannya. (WDY, editor CNO)