Jakarta-SuaraGuru. Bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) mendukung dan memfasilitasi kegiatan dari PGRI Smart Learning and Character Center (SLCC) yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jakarta. Pameran pendidikan Edu-Gears terselenggara dari tanggal 1 – 6 Juni 2021 dengan mengusung tema The Disruption Era of Education.

Pameran Edu-Gears hadir sebagai wadah kepada instansi pendidikan, organisasi pendidikan, orang tua dan masyarakat umum untuk lebih mengetahui perlengkapan dan peralatan yang dapat dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran digital, serta memperkenalkan teknologi baru yang dapat meningkatkan proses pembelajaran.

Edu-Gears merupakan pameran pendidikan dimana para pengunjung dapat berinteraksi dengan 43 exhibition dari berbagai kategori di bidang teknologi pendidikan yaitu artificial intelegent, digital learning, e-course, e-library, financial technology, hardware, healthy, konsultan pendidikan, software of development, dan website development. Edugears exhibition memfasilitasi stakeholders di dunia pendidikan untuk melakukan interaksi bisnis seperti live chat dan live streaming.

Dirjen Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto secara resmi membuka kegiatan EduGears virtual exhibition 2021. Wikan Sakarinto menyampaikan dibutuhkan sinergi kuat antara stakeholders pendidikan untuk bersama-sama melakukan inovasi menciptakan solusi yang dapat membantu tenaga pengajar, seluruh pelajar dan masyarakat dalam adaptasi pembelajaran di era pandemi Covid-19 ini.

Dalam rangkaian Egu-Gears ini tidak hanya seputar pameran pendidikan saja, juga terdapat Workshop menarik bertema “Mahir dalam Pembelajaran Digital Interaktif” terselenggara pada 2 dan 4 Juni 2021 dari pukul 09.00 – 11.30 WIB, Seminar inovasi teknologi karya anak bangsa, dan talk show atau edu-talk.

Unifah dalam sambutannya menyampaikan di tengah pandemi ini selalu ada cara baru, terobosan baru, inovasi baru bahwa suatu pameran dapat dilaksanakan secara virtual dengan perkembangan teknologi yang ada.

“Kegiatan ini merupakan berita baik bagi PNJ dan membanggakan bagi kampus kami PNJ. kerjasama semacam ini diharapkan tidak hanya berlangsung kali ini saja dan dapat ditindaklanjuti ke depannya”, tutur Nunung Martinah, Wakil Direktur Bidang Akademik PNJ saat sambutan. (WDY, editor CNO)