Suara Guru – Era revolusi industri 4.0 disikapi pemerintah dengan meluncurkan kelas digital, 18-19 September 2019 di Gedung Srindit Ranai, Natuna, Kep.Riau. Dalam acara tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof.Dr. Muhadjir Effendy, MA, melakukan serangkaian kegiatan didampingi Sekjen dan Dirjen GTK Kemendikbud. Bupati Natuna nampak pula hadir didampingi pejabat Disdik Natuna, Ketua PGRI Kabupaten Natuna, Marbawi, dan Sekum PGRI Kab Natuna Maryadi, beserta beberapa pengurus lainnya.

Peluncuran kelas digital di Natuna

Agenda pokok Mendikbud adalah Digitalisasi Sekolah yang ditandai penyerahan secara simbolis bantuan Mendikbud berupa delapan laptop dan dua buah voucher kepada PKBM, SKB, dan  TBM. Selain itu, Bupati Natuna menyerahkan KIP dan SK pusat sumber belajar program PKP berbasis zonasi kepada tiga sekolah terpilih (dua SD dan satu SMP) disaksikan oleh Mendikbud.

Mendikbud melakukan serangkaian kegiatan kunjungan kerja di Natuna.

Sumber foto: Istimewa

Peluncuran Kelas Digital ditandai dengan penekanan tombol tablet diikuti oleh siswa yang mengakses portal Rumah Belajar di tablet masing-masing. Mendikbud menyaksikan simulasi praktik pembelajaran Sekolah Digital melalui tablet yang dilakukan oleh salah satu perwakilan guru dengan salah satu siswa. Menurut Sekjen Kemdikbud, pemerintah akan membagikan jutaan tablet ke sekolah-sekolah yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.

Dalam kesempatan ini pula, Mendikbud Muhadjir Efendy melakukan penandatanganan prasasti peresmian hasil pembangunan bidang pendidikan di Kab. Natuna.

Silaturahim Mendikbud dengan Pengurus PGRI dan Dewan Pendidikan

Mendikbud dan rombongan melakukan kunjungan ke SD 12 Ranai dan SMPN 1 Bunguran Timur. Seusai kunjungan kerja, Mendikbud melakukan pertemuan silaturahim dengan pengurus PGRI setempat bersama dengan dewan pendidikan.

/CNO/