Pendidikan di Indonesia kini mengalami banyak tantangan, dimulai dengan terjadinya evolusi pendidikan menjadi Education 5.0. Sehingga pemanfaatan teknologi dan digital menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia pendidikan.

 

Untuk mendukung dunia pendidikan dalam transformasi digital mulai dari tingkat sekolah SD, SMP, SMA dan SMK, Acer memberikan penghargaan kepada guru dan kepala sekolah melalui program Acer Smart School Award 2021. Dengan adanya penghargaan ini yang berskala nasional diharapkan mampu mendorong dan membantu para insan pendidikan dalam meningkatkan penggunaan teknologi pembelajaran.

“Sebagai bentuk partisipasi dalam pendidikan, penghargaan ini dapat dijadikan sebagai wadah kepada insan pendidikan di Indonesia. Sekolah melakukan assessment dan apa yang dilakukan kedepan. Sekolah lebih mapan lagi dalam teknologi, penghargaan diberkan kepada semua jenjang dari SD, SMP, SMA dan SMK,” papar President Director Acer Indonesia, Herberd Ang dalam siaran pers, Kamis (19/8/2021).

 

Rangkaian aktivitas Acer Smart School Awards 2021 dimulai dari pendaftaran, self-assesment, pembekalan dari para mentor berpengalaman sampai periode pendampingan dan implementasi. Diharapkan dapat tercipta sekolah-sekolah tangguh yang siap menghadapi perkembangan teknologi di masa mendatang. Dalam menjalankan program mulia ini Acer didukung penuh oleh Kemendikbud Ristek, Persatuan Guru Republik Indonesia, Penerbit Pariwara, Microsoft, Intel, dan Jelajah Ilmu, solusi pengajaran komprehensif kelas dunia yang diadaptasi untuk kurikulum Indonesia.

“Pada tahun 2021 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melanjutkan program Merdeka Belajar untuk memastikan anak anak bersekolah, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, serta adanya keadilan sosial atau pemerataan dalam mendapatkan akses pendidikan berkualitas tersebut. Semoga usaha Acer melalui Acer Smart School Award 2021 dapat sukses membantu menciptakan Era Edukasi 5.0 di Indonesia,” jelas Dhany Hamiddan Khoir, ST, M.A Koordinator Sarana dan Prasarana Kemendikbud Ristek.

 

Unifah Rosyidi, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh Acer. “Terobosan inovarif dengan gagasan yang dilakukan oleh Acer juga membuka akses dan meningkatkan mutu sehingga menjadikan sekolah efektif dan efisien. Dukungan penuh dari PGRI SLCC dan berharap semakin tahun semakin banyak guru dan sekolah yang bergabung dalam program ini, bersama melakukan tranformasi digital sehingga dapat belajar memanfaatkan teknologi secara baik,” ungkap Unifah.

 

Acer menyediakan total hadiah senilai lebih dari Rp 500 juta untuk mereka yang sukses mendorong transformasi teknologi dalam aktivitas belajar mengajar. Penghargaan Acer Smart School akan diberikan kepada tiga kategori pemenang dalam masing-masing tingkatan sekolah, yaitu Smart School of The Year, Kepala Sekolah Inspiratif, dan Guru Kreatif. Pendaftaran Acer Smart School Awards 2021 dapat dilakukan hingga 14 September 2021, kunjungi situs acerforeducation.id/schoolawards untuk info lebih lanjut mengenai cara berpartisipasi, jadwal pendaftaran, kriteria penilaian, serta syarat dan ketentuan lainnya. (wdy, editor CNO)