Jumat sampai minggu kami berkumpul di Gedung Guru Indonesia. Tanggal 15 sampai 17 Februari 2019 kami menyusun buku informatika yang akan digunakan pada tahun ajaran baru bulan juli 2019.

Informasi dari pak feisal pejabat pusat kurikulum dan perbukuan kemdikbud, mereka baru membuat kompetensi dasar dan kompetensi inti. Kawan kawan guru ditantang kreatif dalam membuat buku informatika yang menarik untuk semua jenjang.

Semua bahan bahan ajar kikd sudah ada di web http://aren.cs.ui.ac.id/kikd/

Tim penyusun buku informatika dari Ikatan Guru TIK PGRI siap berkolaborasi dengan gerakan nasional literasi digital siberkreasi kominfo.

Pak Samidi mewakili ketua umum PB PGRI hadir memberikan sambutan. Beliau sangat menyambut baik kegiatan ini dan berharap PGRI dapat menjadi motor penggerak dalam literasi digital.

Pak Sunarno hadir mewakili kepala Puslitbang Aptika IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Sekaligus membuka kegiatan ini.

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini memungkinkan siapa saja termasuk siswa dapat mengakses informasi dan berkomunikasi dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Pemerintah berharap peran serta masyarakat dalam menggairahkan literasi digital dalam mengahadapi era globalisasi.

Era dimana batas antara ruang dan waktu sudah tidak ada sekat penghalang.

Dinamika yang sangat cepat di bidang TIK menuntut antisipasi dan adaptasi yg cepat.

Perkembangan pengetahuan dan teknologi telah membawa kehidupan siswa pada suatu tahapan kehidupan yang lebih cepat dari usianya.

Mudahnya akses informasi merupakan suatu tantangan bagi kita agar hal ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa dan bukan sebaliknya.

Inisiasi dari Ikatan Guru TIK PGRI yang bekerjasama dengan siberkreasi untuk menyusun buku informatika bagi siswa merupakan langkah yang strategis utk menjawab perkembangan TIK yang sangat cepat dan dinamis. Kementerian Komunikasi dan Informatika selaku intansi teknis dan pembina sektor komunikasi dan informatika sangat mendukung kegiatan ini.

Penyusunan buku informatika ini diharapkan dapat memberikan sumbang saran dan produk untuk membantu pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Sumber daya manusia indonesia di masa depan harus disiapkan dengan baik. Tersedianya buku buku baru dan mengikuti perkembangan zaman diharapkan dapat membantu anak anak kita hidup pada zamannya.

Pengelolaan dan peningkatan kompetensi sdm memang harus dilakukan sejak dini dalam rangka meningkatkan daya saing dan posisi tawar ‘human resources’ indonesia di mata dunia internasional.

Penyusunan kurikulum diharapkan dapat membentuk siswa yang berkarakter, bertanggung jawab dan pantang menyerah. Begitupula dengan kurikulum mata pelajaran informatika yang diharapkan dapat menjadi pedoman pendidikan khususnya di bidang tik.

Kurikulum sebagai seperangkat rencana pendidikan perlu dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi.

Penerapan kurikulum ini nantinya akan menjadi tantangan sekaligus peluang bagi seluruh guru dalam mewujudkan cita cita pendidikan.

Guru adalah kunci utama keebrhasilan proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu guru tdk boleh terjebak dalam formalitas dan rutinitas.

Saat ini guru juga diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Guru juga harus mampu mengupdate informasi sehingga mampu menciptakan pembelajaran yang efektif bagi para siswa.

Penyusunan kurikulum dan buku informatika ini diharapkan mampu menghasilkan output yg benar-benar sesuai dengan harapan semua.

Tim penyusun buku informatika diharapkan mampu menghasilkan sebuah kurikulum yang dapat menjawab kebutuhan siswa di era revolusi industri 4.0. Industri digital sudah menjamur dan membuat setiap manusia saling terkoneksi.

Kedepan diharapkan kurikulum matpel informatika dapat mengikuti perkembangan teknologi dan tidak tertinggal dengan negara lain. Materinya terus diupdate dan dinamis.

Mohon doa dari pembaca. Semoga selama 3 hari ini kami dapat menyusun buku informatika yang akan dipakai di tahun ajaran baru.

Kami ucapkan terima kasih tak terhingga kepada Ibu Unifah Rosyidi Ketua Umum PB PGRI yang merestui kegiatan kami. Semoga solidaritas dan kebersamaan kita di pgri dapat menjadi motor penggerak kekuatan negara dalam memajukan pendidikan.

Salam blogger persahabatan
Omjay
Blog http://wijayalabs.com

Kaspersky Password Manager

 

Create a strong password for your account

Kaspersky Password Manager

Create a strong password for your account