Suara Guru – Hari Minggu 12 Januari 2020, bertempat di SMP Negeri Cariu 01 diselenggarakan pendampingan, pelatihan, dan pemantapan Tes Akademik dalam rangka menghadapi tes CPNS tahun 2020.

Dalam sambutannya, Bapak H. Agus Supriadi selaku Ketua PGRI Cabang Cariu, menuturkan selain berikhtiar jangan lupakan berdoa meminta kepada Allah SWT untuk dimudahkan dan dilancarkan ketika akan mengikuti tes. Salah satunya dengan rutin melaksanakan Sholat Dhuha yang merupakan pembuka rejeki.

Ketua PGRI Kab. Bogor Bapak Drs H. Dadang Suntana, M.Pd. dalam sambutannya menjelaskan, bahwa dalam menghadapi tes harus disiapkan mental maupun fisik, karena pesaing dalam tes begitu kompetitif. Lebih lanjut beliau memaparkan rambu-rambu materi Tes Kemampuan Dasar yang akan dihadapi oleh para calon.

Sedangkan teknik menghadapi ujian CPNS yang sekarang sama seperti dulu dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Dengan menggunakan sistem ini memang yang dibutuhkan benar-benar calon yang berkualitas. Untuk kuota Calon PNS di Kabupaten Bogor Tahun 2019 berjumlah 839 orang, terdiri dari tenaga Kesehatan 219, Tenaga Pendidikan 392 dan Tenaga Teknis 228 orang.
Dalam pemaparannya beliau juga menjelaskan tips dan kiat-kiat mengerjakan tes.

Dalam acara tersebut hadir para pengurus dari Kabupaten Bogor, dan Cabang Kecamatan Cariu. Kecamatan Cariu menjadi titik Tempat Kegiatan Pelaksanaan ( TKP) dari 4 kecamatan yaitu Kecamatan Cariu, Jonggol, Tanjungsari, dan Sukamakmur . Jumlah peserta yang hadir dari SD/ MI 59 orang, SMP/ MTs 23 orang, dan SMK 5 orang berjumlah 87 orang.

Narasumber yang hadir merupakan anggota PGRI yang handal dilihat dari rekam jejaknya selama menjadi guru. Mereka adalah Jaenal Abidin,S.Pd (Ketua Tim) menyajikan materi Selayang Pandang Tes Kepegawaian, Fajar Sidik Setiawan, M.Pd. penyampai materi Tes Kompetensi Pribadi(TKP), Abdul Wahab, M.Pd penyaji materi Tes Intelegensi Umum (TIU). Asep Sukron, M.Pd pemateri Tes Wawasan Kebangkasaan (TWK), dan Tes Kompetensi Bidang ( TKB) oleh Titik Suryani, S.Pd.

Peserta begitu antusias karena sajian materi yang diuraikan begitu jelas, tidak monoton, dan terus dibimbing serta diselingi dengan tanya jawab. Dalam menghadapi tes CPNS menggunakan Teknik CAT. Teknik CAT (Computer Assisted Test) adalah suatu cara untuk menyeleksi calon dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Kegiatan peserta kegiatan dipersiapan dan pemantapan jelang tes CPNS sesuai jadual dimulai dari pukul 08.00 sampai 16.50.WIB.(MI)