Berdasarkan hasil Rapat Kerja BPLP PGRI tanggal 10 Oktober 2019, maka dipertajam pada upaya verifikasi, inventarisir sekaligus melakukan berbagai upaya pembinaan terhadap Lembaga Pendidikan yang berada di bawah naungan PGRI. Keseriusan BPLP untuk melakukan upaya tersebut, maka dikeluarkan Surat Tugas Nomor : 81/Tgs/BPLP/PGRI/XXII/ 2019 tentang kunjungan kerja ke wilayah Kota Sukabumi.

Jumat, 11 Oktober 2019 pukul 08.00 tim kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Koordinator Bidang Dikdasmen dan PAUD Dikmas BPLP PGRI  tiba di SMAN 1 Kota Sukabumi yang di sambut langsung oleh Ketua PGRI Kota Sukabumi (yang sementara ini di Jabat oleh WK 1 ; Bapak Saefurohman Udung, M.Pd), Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi (Bpk. Asep Sukanta, S.Pd), dan Ketua YPLP Dikdasmen Kota Sukabumi (Bpk. H. Dhani).

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Bidang Dikdasmen dan PAUD Dikmas (Bpk. Huzaifa Dadang) mendapat kehormatan untuk membuka IHT yang sedang dilaksanakan di SMAN 1 Kota Sukabumi. Dalam sambutan singkatnya, beliau menyampaikan rasa syukur atas acara silaturahmi tersebut dan rasa bangga karena dapat bertemu dengan kader-kader PGRI Kota Sukabumi.

Pukul 09.00 WIB tim Bidang Dikdasmen dan PAUD Dikmas BPLP PGRI  dengan didampingi oleh Ketua PGRI Kota Sukabumi berangkat menuju SMK PGRI 1 untuk berdiskusi tentang permasalahan, masukan dan berbagai hal terkait dengan kelembagaan pendidikan PGRI di Kota Sukabumi, yang saat ini memiliki lembaga pendidikan sebagai berikut : 1) TK : 7 Sekolah, 2) SMP : 3 Sekolah, 3) SMA : 1 Sekolah, SMK : 2 Sekolah yang kini tinggal 1 Sekolah, 4) Perguruan Tinggi : 2 PT yakni STKIP dan STIE PGRI.

Dalam diskusi ringan, Kepala SMK PGRI 1, Dra. Hj. Tinny Kartiny, MM. menyampaikan bahwa permasalahan yang dihadapi SMK PGRI 1 yaitu mengenai NUKS, NUPTK, inpasing bagi para guru dan menurunnya jumlah peserta didik, dibandingkan dengan beberapa tahun silam yang pernah mengalami masa keemasan sehingga waktu itu dibuka SMK PGRI 2.

SMK PGRI 1 yang beralamat di Jl. Pelabuhan 2 Cipoho Indah merupakan SMK yang didirikan sejak 16 Maret 1977, memiliki program Keahlian 1) Teknik Komputer Jaringan dengan status Akreditasi A, 2) Akuntansi Akreditasi A, 3) Administrasi Perkantoran Akreditasi B dan 4) Pemasaran Akreditasi A.

SMK PGRI 1 berdiri di atas tanah seluas 6.317 m2 dan luas bangunan 6000 m2, sudah sangat sulit untuk melakukan pengembangan karena sudah dibangun sebanyak 30 ruang kelas, 21 ruang lainnya dan sarana olah raga. Adapun tenaga Pendidiknya sebanyak 53 orang dengan rincian 4 orang PNS, 40 orang GTY dan 10 orang GTT serta Tenaga Kependidikan sejumlah 16 orang yang kesemuanya merupakan tenaga honorer. Sedangkan siswa pada tahun 2019/2020 berjumlah 965 dengan rincian 428 laki-laki dan 537 perempuan.

Pada kesempatan tersebut Ketua YPLP Dasmen Kota Sukabumi menyampaikan rasa bangga mendapat kunjungan kerja dari Koordinator BPLP PGRI  karena selama ini diabaikan, di mana ketika berkembang kami harus menyetorkan sejumlah uang tetapi ketika lembaga pendidikan mati suri (seperti yang dialami SMP PGRI Kota Sukabumi)  atau bahkan gulung tikar seperti yang terjadi dibeberapa daerah karena tidak pernah ada kontribusi dari PGRI untuk mendiskusikan berbagai upaya dan solusi terhadap permasalahan tersebut.

Lebih lanjut Ketua PGRI Kota Sukabumi, Saefurohman Udung, M.Pd menyampaikan rasa bangga dan harapan agar silaturahmi tersebut terus berjalan sinergis dan program kelanjutan berbentuk pembinaan yang dilakukan oleh BPLP PGRI  agar lembaga pendidikan PGRI dapat terus berkembang lebih baik. Beliaupun menyampaikan tentang beberapa point AD/ART YPLP yang mungkin harus direvisi supaya kekinian dan memberikan keterlibatan Pengurus PGRI Kota Khususnya untuk Dikti supaya terjalin sense of belonging antara Pengurus PGRI dengan permasalahan lembaga Pendidikan dati mulai PAUD sampai DIKTI.

Dalam sambutannya, Koordinator Bidang Dikdasmen dan PAUD Dikmas BPLP PGRI  Drs. Huzaifa Dadang AG, M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan serta masukan yang berharga dari Kepala SMK PGRI 1, Ketua YPLP Dasmen dan Ketua PGRI Kota Sukabumi. Beliaupun menyampaikan bahwa BPLP PGRI  sedang berupaya melakukan berbagai terobosan yang salah satunya sedang bekerjasama dengan Dirjen GTK Kemendikbud dan  LPKKS untuk melaksanakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah dan Insya Allah pada tahun 2020 akan dilaksanakan juga Diklat untuk Calon Kepala Sekolah.

Berkenaan dengan AD/ART YPLP, beliaupun menyampaikan bahwa saat ini BPLP sedang menggonjlok tentang PO dan AD/ART YPLP yang insya allah bisa dituntaskan di akhir 2019 ini. BPLP juga akan terus melakukan inventarisir, verifikasi dan pembinaan terhadap lembaga pendidikan khususnya bidang Bidang Dikdasmen dan PAUD Dikmas BPLP PGRI  dengan harapan ke depannya lembaga pendidikan Dikdasmen dan PAUD Dikmas bisa menjadi asset bagi kemajuan Dikti.

Acara dilanjutkan dengan ngobrol ringan sampai pukul 11.00 WIB, Tim kemudian menuju Hotel Anugrah untuk Check-in, Sholat Jumat di Mesjid Agung Kota Sukabumi, makan siang di Sate H. Mamat (yang pernah di kunjungi oleh Presiden Joko Widodo), memenuhi undangan untuk berkunjung ke STIE dan STKIP PGRI dan kembali ke hotel untuk persiapan diskusi konsolidasi organisasi.

Dalam acara ini dihadiri pula oleh Ketua PB PGRI Dr. Dudung Koswara, M.Pd dan Ketua PB PGRI sekaligus Koordinator Bidang Dikdasmen dan PAUD Dikmas BPLP PGRI , Drs. Huzaifa Dadang AG, M.Si., anggota BPLP PGRI  (Caca Danuwijaya, S.S, M.Pd. dan Budi Setia Baskara, S.Pd, MM) dan Para Pengurus PGRI Kota Sukabumi tepat pukul 19.00 WIB melaksanakan kegiatan makan malam sekaligus konsolidasi organisasi di Rumah Makan Ibu Bunut Jalan R. Syamsudin Kota Sukabumi.

Acara dibuka oleh Bapak Caca Danuwijaya, S.S, M.Pd. yang kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Huzaifa Dadang diawali dengan ucapan terima kasih serta rasa bangga karena bisa berkunjung ke Kota Sukabumi yang memiliki segudang kader muda PGRI yang potensial, yang salah satunya adalah adanya Ketua PB PGRI dan Pengurus BPLP muda yang berasal dari Kota Sukabumi yang saat ini berkolaborasi di PB PGRI.

Tidak lupa beliau juga mengulas tentang tindak lanjut hasil kunjungan kerja ke beberapa lembaga pendidikan PGRI.

Semoga kunjungan kerja yang dilakukan BPLP menjadi langkah awal untuk melakukan inventarisir terhadap lembaga pendidikan untuk selanjutnya menjadi program berkelanjutan dalam upaya pembinaan dan menjawab berbagai keresahan guru Indonesia, khususnya guru-guru di lembaga pendidikan PGRI.

Untuk itu BPLP sudah menjalin kerjasama dengan Kemendikbud dan LPPKS. Dan untuk para pengurus PGRI diharapkan “cerdas untuk bersinergi serta bermesraan dengan Kepala Daerah agar gerak langkah PGRI bisa sejalan dengan kebijakan di daerah.

Ketua PB PGRI, Dr. Dudung Koswara, M.Pd. menyampaikan tentang persiapan PGRI Kota Sukabumi dalam menghadapi Konferensi Provinsi pada bulan Desember 2019 dan Konferensi Kota pada bulan Juni 2020 nanti. Untuk itu perlu konsolidasi internal organisasi yang matang agar kedua kegiatan tersebut berjalan sukses. Beliau juga menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas kunjungan kerja BPLP yang tanpa lelah terus melakukan upaya inventarisir dan verifikasi terhadap sekolah-sekolah PGRI dengan harapan semoga ini menjadi agenda besar BPLP dalam menjaring Big Data asset PGRI sebagaimana yang diharapkan oleh Ketua Umum PB PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd.

Ketua PGRI Kota Sukabumi, menyampaikan rasa bangganya karena pertemuan tersebut dihadiri oleh dua sosok Ketua PB PGRI. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi PGRI Kota Sukabumi untuk terus berupaya meningkatkan maruah PGRI dan meningkatkan kualitas Pengurus PGRI Kota dalam membangun semangat soliditas, solidaritas, dan loyalitas anggota terhadap organisasi.

Berkenaann dengan keanggotaan PGRI, maka PGRI Kota Sukabumi sedang melakukan upaya pembaharuan data, sedangkan lembaga pendidikan PGRI saat ini sedang diupayakan berbagai pendekatan termasuk upaya mensupport perguruan tinggi yang ada di Kota Sukabumi.

Acara berlanjut dengan obrolan ringan mengenai organisasi dan ditutup pada pukul 21.00 WIB. (CNO)