kegiatan webinar menulis PGRI Bondowoso, 30 April 2020

Jakarta-SuaraGuru. Bencana pandemi Covid-19, berdampak di semua bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Sebagai bidang yang terdampak, membuat para pemangku kepentingan pendidikan harus melakukan terobosan dan memiliki kreativitas melakukan hal-hal inovatif yang dapat membantu pendidik untuk terus mengembangkan diri.
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bondowoso, terus bergerak untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi para anggotanya di masa-masa penanggulangan covid-19. Kamis, 30 April 2020, secara virtual menggunakan aplikasi Cisco-Webex, PGRI Kabupaten Bondowoso menyelenggarakan kegiatan Webinar Menulis Artikel untuk para guru. Respon para guru sangat baik. Mereka ingin mengikuti kegiatan ini, karena dianggap pengalaman baru. Sekitar 80 orang guru berkumpul secara virtual untuk menyimak presentasi para narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh guru–guru di Kabupaten Bondowoso, Jember, Probolinggo, Tuban, bahkan ada salah satu peserta berasal dari Purwakarta, Jawa-Barat.
Para pemateri dalam webinar ini, adalah: Catur Nurrochman Oktavian, Ketua Departemen Penelitan dan Pengabdian Masyarakat Pengurus Besar PGRI sekaligus sebagai Redaktur Pelaksana Majalah Suara Guru Jakarta, Mulyono (Dimasmul Prajekan), Sekretaris PGRI Kabupaten Bondowoso, dan penulis nasional Syam Zaini, Ketua PGRI Provinsi Sulawesi Tengah.
Mereka bertiga secara bergantian berbagi ilmu cara menulis artikel di media massa kepada peserta. Sebagai host kegiatan ini adalah Syaiful Rahman, Ketua APKS PGRI Jember yang tampil memukau. Syaiful memandu acara dengan senyum ramah dan santun menyapa para peserta.
Dalam sambutannya sebagai keynote speaker, Catur Nurrohman Oktavian, memberikan rahasia khusus kepada peserta agar bisa menjadi penulis hebat. “ Menulis, menulis, dan menulis,” pesannya kepada para peserta. Dari kegiatan ini, ia berharap para peserta dapat melahirkan karya tulis. Sebagai Redaktur pelaksana majalah Suara Guru, Catur sangat senang apabila melalui kegiatan semacam ini, banyak melahirkan karya dari para guru.
Kegiatan positif seperti ini diharapkan tidak berhenti setelah acara webinar selesai. Mulyono, Sekretaris PGRI Bondowoso yang dikenal pula sebagai penulis nasional, berkeinginan memfasilitasi para guru hingga melahirkan karya. Mulyono berharap ada tindak lanjut di Whatsapp grup untuk saling berbagi ilmu agar para peserta memiliki keterampilan menulis.”Saya siap jemput bola jika dibutuhkan apabila ada guru yang membutuhkan bimbingan dan ingin berkonsultasi”, ujarnya.
(CNO)