Jakarta-SuaraGuru. Pemerintah di tahun 2021 kembali akan mengadakan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sekitar sejuta formasi PPPK disiapkan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan guru di seluruh tanah air. Menurut informasi yang redaksi terima, formasi yang diusulkan seluruh pemerintah daerah belum memenuhi target pemerintah. Namun demikian, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara telah berupaya sebaik mungkin agar seleksi PPPK tahun ini terus berjalan sesuai rencana. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai mitra strategis pemerintah terpanggil untuk mensukseskan program seleksi PPPK 2021 dengan menggelar berbagai kegiatan pembekalan dan sosialisasi di seluruh tanah air. Berdasarkan instruksi Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi pada Konferensi Kerja Nasional Kedua di awal 2021 lalu, seluruh pengurus PGRI Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh nusantara diharapkan mengadakan pembekalan dan bimbingan kepada para guru honorer dalam menghadapi seleksi PPPK.

Perwakilan Pengurus PGRI Kabupaten Bogor Memberikan sambutan di Kecamatan Kemang

PGRI Kabupaten Bogor menindaklanjuti instruksi PB PGRI dengan mengadakan Pembekalan dan Bimbingan pada para guru honorer yang akan mengikuti seleksi PPPK 2021. Menurut Amsohi, Ketua PGRI Kabupaten Bogor, sejak 16 Juni hingga awal Juli 2021 digelar kegiatan bimbingan dan pembekalan PPPK yang dilaksanakan di 40 kecamatan di seluruh Kabupaten Bogor. “Kami menyiapkan narasumber-narasumber dari para guru berprestasi dan guru-guru yang telah lulus seleksi PPPK maupun CPNS tahun lalu untuk membekali para guru honorer agar siap mental dan pengetahuan menghadapi PPPK tahun 2021 ini”, ujar Amsohi ketika dihubungi Suara Guru.

Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat memberikan motivasi untuk para guru menghadapi PPPK

Salah satu titik pelaksanaan PPPK yang dikunjungi redaksi Suara Guru adalah Kecamatan Kemang. Pelaksanaan pembekalan dan bimbingan PPPK berlangsung Kamis 17 Juni 2021 di SDN Pondok Udik samping kantor Koryandik Kecamatan Kemang yang dilaksanakan PGRI Kecamatan Kemang yang diketuai Umi Sugiarti. Kegiatan pembekalan di PGRI Kecamatan Kemang diikuti sekitar 136 orang guru honorer TK-SD-SMP se-Kecamatan Kemang. Acara pembukaan dihadiri perwakilan pengurus PGRI Kabupaten Bogor Edi Wahyudi, Pengawas, dan Perwakilan Koryandik Kecamatan Kemang. Menurut Edi Wahyudi, kegiatan ini sebagai perwujudan salah satu jadi diri PGRI sebagai organisasi profesi yang melayani secara nyata para guru, pendidik, dan tenaga kependidikan yang menjadi anggotanya.  Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PB PGRI Catur Nurrochman Oktavian sebagai kader PGRI asal Kecamatan Kemang juga hadir untuk memotivasi para peserta dan menyampaikan salam dari Ketua Umum PB PGRI dan hasil-hasil perjuangan PGRI di tingkat pusat. (CNO)