Suara Guru – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bersama Education International(EI) mengadakan pelatihan advokasi dan manajemen organisasi. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, tanggal 17-20 September 2019. Diikuti oleh sekitar 30 orang, kegiatan ini bertujuan memperkuat kapasitas kepemimpinan segenap pengurus PGRI Kota Serang. Menurut Sibro Mulisi, Ketua Departemen Kaderisasi dan Organisasi PB PGRI yang hadir sebagai perwakilan PB PGRI, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pengurus, karena peserta diberikan bekal pengetahuan cara mengkampanyekan organisasi melalui berbagai media sosial dan menjalin kemitraan.

Para peserta semangat mengikuti kegiatan

Kegiatan ini kelanjutan dari kerjasama PGRI dan EI. Menurut Desry Darwin, salah satu staf EI di Indonesia, EI adalah organisasi guru dunia yang terdiri dari 198 negara. “PGRI merupakan anggota dari EI, oleh karena itu menjadi kewajiban moral EI untuk memperkuat PGRI dengan melakukan berbagai kerjasama”, ujar Desry. Kegiatan pelatihan di Kota Serang ini merupakan salah satu bentuk kerjasama PGRI-EI yang telah dilakukan di berbagai kabupaten/kota lain di seluruh Indonesia. Melalui berbagai kegiatan tersebut, diharapkan PGRI semakin kuat sebagai mitra strategis pemerintah dalam mengangkat isu-isu pendidikan dan kesejahteraan guru.

Pemaparan narasumber dari PB PGRI dan EI

Sumber foto: PGRI dan EI

Dalam pelatihan ini, para peserta diberi pengetahuan tentang keguruan, dasar-dasar berorganisasi, dan kualitas kepemimpinan. Salah satu narasumber kegiatan ini adalah Dudung Nurullah Koswara, Ketua PB PGRI. Menurut Aep Junedi, Ketua PGRI Provinsi Banten, kegiatan ini sangat penting bagi para pengurus dalam menjalankan organisasi. Salah satu materi kegiatan yaitu tentang advokasi dan keorganisasian sangat strategis dan diperlukan pengurus. Diharapkan para pengurus yang mengikuti kegiatan ini, segera melakukan sosialisasi, dan menyebarluaskan pengetahuan kepada segenap anggotanya.
PGRI terus bergerak!

/CNO/