Suara Guru – Surabaya. Evaluasi dan pengembangan sekolah-sekolah dan perguruan tingggi yang berada dalam naungan Badan Penyelenggara Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (BPLP PGRI) adalah sesuatu yang mesti dilaksanakan secara terus menerus, karenanya bertempat di Hotel Papilio Surabaya 5-8 September 2018 BPLP PGRI melaksanakan rapat koordinasi tingkat pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) serta pendidikan tinggi (Dikti).

Rapat koordinasi kali ini dihadiri 300 peserta yang mewakili sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi PGRI di Seluruh Indonesia serta pengurus PGRI Provinsi/Kota/Kabupaten yang mempunyai sekolah atau perguruan Tinggi di daerahnya serta pengurus Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI yang menaunginya.

Acara ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Gelora Hasta Brata bersamaan dengan pemberian kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (6/9). Pada kesempatan ini, Jokowi membantah soal kabar penghentian uang tunjangan guru yang beredar luas di media sosial. Ia menyatakan kabar tersebut adalah bohong alias hoaks.

“Pada kesempatan ini saya tegaskan bahwa saya siap untuk berdiri di depan dan berjuang untuk membela kepentingan guru-guru agar dapat melaksanakan tugas mulianya mendidik kader-kader bangsa di negara kita,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga menambahkan bahwa tidak ada alasan bagi Pemerintah untuk mengurangi apalagi memberhentikan Tunjangan Profesi Guru.

“Karena itu adalah imbalan yang memang seharusnya diperoleh guru atas pengabdian profesi yang telah dan akan diabdikan untuk bangsa selama-lamanya,” tegas Jokowi.

 

 

 

 

 

Kerjasama Perguruan Tinggi PGRI

Pada kesempatan terpisah bertempat di Hotel Papilio (5/9), Perguruan Tinggi PGRI mengadakan kerjasama dengan lembaga pendidikan LP3I dan dunia industri yaitu SEAMEO Biotrop dalam rangka peningkatan mutu dan pengembangan lembaga pendidikan. Penandatanganan kerjasama berupa MoU (memorandum of understanding) dilaksanakan oleh Ketua Umum PB PGRI Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd dengan Presiden Direktur LP3I  Isral Nurdin, MH., MBA dan Deputy Director for Program SEAMEO Biotrop Dr. Jesus C Fernandez. Sedangkan penandatanganan kerjasama berupa MoA (memorandum of Agreement) dilaksanakan dengan masing-masing perwakilan lembaga/institusi PT PGRI. TYS