RIAUPOS.CO) – Ribuan guru dari seluruh penjuru tanah air telah sampai di Kabupaten Siak, Ahad (21/8).  Mereka hadir untuk mengikuti perhelatan tahunan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) PGRI nasional yang dipusatkan di Siak, 21-25 Agustus mendatang.


Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, perhelatan ini merupakan kepercayaan PB PGRI terhadap Siak, karena Siak dinilai sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan iven bertaraf nasional dan internasional.  Perhelatan ini, jadi momen tersendiri bagi tuan rumah untuk mempromosikan pariwisata, seni budaya dan potensi yang ada di Siak.  Sebagai eks kerajaan, Siak memiliki kekhasan sendiri. Tak banyak kabupaten/kota yang memiliki istana. Siak sendiri memiliki. “Inilah warisan kesultanan yang terus dijaga dan dilestarikan,” katanya.

Selaku tuan rumah, perhelatan ini tak hanya sukses dalam penyelenggaraan, melainkan sukses dalam promosi dan ekonomi kerakyatan.  Selama perhelatan berlangsung, tumpuan dan perhatian berlangsung di Siak. Karena itu, ia minta pada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga nama Siak. “Ini adalah tamu kita,” kata dia.

Dalam perhelatan ini, 34 provinsi di tanah air ikut serta. Mereka bersama-sama mengikuti perhelatan ini sampai selesai. Berkumpulnya seluruh guru ini juga dapat dijadikan sharing informasi bagi guru-guru di Siak dalam bidang pendidikan.

“Selamat datang di Negeri Istana,” kata orang nomor satu di Siak ini.
Kemasan dalam perhelatan ini sudah disiapkan oleh panitia yang dikemas lebih atraktif. Menariknya di Siak ini terdapat pembeda dari perhelatan sebelumnya.  Di Siak juga nantinya perhelatan ini dicanangkan trofi bergilir bagi iven perlombaan peserta.

Ketua panitia pelaksana Porseni PGRI Siak, Lukman SSos MPd menambahkan,  saat pembukaan nanti untuk pertama kalinya akan dikibarkan bendera Porseni PGRI yang juga dirancang oleh PGRI Kabupaten Siak yang diiringi lagu mars Porseni PGRI yang diciptakan liriknya oleh Bupati Siak Syamsuar dan penata musik oleh Rakhmat Yani Alinas. Dan selanjutnya diserahkan piala/trofy bergilir dari Mendikbud yang juga dibuat oleh Siak selaku tuan rumah.

Porseni PGRI 2016 akan mempertandingkan  tiga cabang olahraga yakni, bulutangkis, tenis meja dan senam PGRI.

Untuk cabang seni antara lain, lomba solo vokal, tari kreasi tunggal, melukis, seni baca Alquran dan lomba kreativitas pembelajaran.

Porseni PGRI  2016 tingkat nasional ini mengangkat tema Meningkatkan Profesionalisme Guru/Anggota PGRI Melalui Pengembangan Sportivitas, Kreatifitas dan Cinta Budaya dalam Rangka Mewujudkan Revolusi Mental Bangsa. Dan motto-nya Meningkatkan Sportivitas, Kreativitas, dan Solidaritas PGRI.(adv/a)