Suara Guru – Pengurus PGRI Provinsi Sumbar gelar rapat Sosialisasi Digitalisasi Organisasi dengan menghadirkan narasumber ketua PGRI Provinsi Riau Dr. Muhammad Syafi’i S.Pd. M.Si dan dihadiri juga secara virtual oleh Ketua PB PGRI yang juga Korwil Wilayah Riau Drs. Huzaifah Dadang, M.Si. Kegiatan rapat digelar di Gedung Guru Provinsi Sumatera Barat, Jl. Jenderal Sudirman No. 1A Padang, Sabtu (31/10).

Huzaifah Dadang dalam sambutannya menyampaikan bahwa zaman ini pengelolaan organisasi tidak lagi dilakukan secara konvensional, namun sudah mengarah pada digitalisasi organisasi. “Pengurus Besar PGRI mengapresiasi Digitalisasi Organisasi yang dibuat PGRI Provinsi Riau. Sistem Digitalisasi Organisasi ini akan dijadikan program nasional yang dapat dipakai di seluruh Indonesia dan Insya Allah akan diluncurkan pada tanggal 28 November 2020 yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo,” ungkapnya.

Ketua PGRI Provinsi Sumbar, Darmalis juga mengapresiasi digitalisasi organisasi PGRI yang dilahirkan PGRI Riau. “Luar biasa inovasi yang sudah dilahirkan PGRI Riau,” ungkapnya. “Terima kasih kepada ketua PGRI Riau M. Syafi’i yang sudah berkenan meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dengan PGRI Provinsi Sumbar tentang digitalisasi organisasi PGRI, Semoga PGRI Sumbar bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan PGRI Riau,” sebutnya. “Setelah kegiatan ini, PGRI Sumbar akan segera mensosialisasikannya kepada organisasi PGRI Kab/kota se-Sumbar,” ungkapnya. “Rencananya tanggal 17 November 2020 sosialisasi digitalisasi organisasi ini akan dimulai di Kab. Sijunjung dengan menghadirkan Lead Organizer PGRI.

Muhammad Syafi’i memaparkan bahwa digitalisasi merupakan suatu inovasi baru yang dilahirkan PGRI Provinsi Riau. Sistem digitalisasi organisasi PGRI ini merupakan sistem layanan kepada anggota dengan menggunakan sistem Digital. Ada enam produk terbaik yang dihasilkan oleh sistem ini berupa rumah digital, sensus digital, kartu PGRI digital, aplikasi layanan digital (startup digital yang satu sama lainnya terkoneksi), Digital Organization Accounting (DOA) System, dan Mutual Administration & Market Assesment (MAMA) System.