SuaraGuru-Jakarta. Untuk mewujudkan sekolah kembali tatap muka di tahun pelajaran 2021 ini, maka pemerintah melaksanakan pemberian vaksin kepada guru dan dosen di DKI Jakarta dan akan diikuti dengan vaksinasi kepada para pendidik lain di seluruh provinsi Indonesia. Pemberian vaksin perdana untuk kalangan pendidik ini dilaksanakan di SMA Negeri 70 Jakarta, Rabu (24/2/2021). Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Unifah Rosyidi mendampingi langsung pemberian vaksinasi perdana untuk para pendidik ini. Menurut Ketua Umum PB PGRI, para guru yang berjumlah sekitar 500 orang sangat bersemangat mengikuti pemberian vaksin tahap satu ini.  “PGRI sangat mendukung vaksinasi untuk para pendidik ini sebagai upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19”, ujar Unifah.

Pemberian vaksin perdana untuk Guru ini dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), didampingi Menteri Kesehatan RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Gubernur DKI Jakarta, dan Ketua Umum PB PGRI. Dalam pemberian vaksin perdana untuk guru di DKI Jakarta ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 1994-1998 Wardiman Djojonegoro juga hadir dan ikut divaksin.

 Presiden Jokowi tampak berbincang dengan Bapak Wardiman Djojonegoro

Presiden Jokowi menyatakan bahwa guru merupakan salah satu kelompok prioritas penerima vaksin untuk menjamin kelancaran kegiatan belajar selama pandemi. “Tenaga pendidik dan kependidikan, guru, ini kita berikan prioritas agar nanti di awal semester kedua pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan,” kata Jokowi. Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan, prioritas pemberian vaksinasi bagi tenaga pendidik ini dimulai dari PAUD, tingkat sekolah dasar, sekolah luar biasa (SLB), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan perguruan tinggi (PT). (CNO)