Jakarta-SuaraGuru. Menyambut Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengadakan kegiatan menarik yang bertajuk Wikiwebinar Literasi Digital Perempuan PGRI. Kegiatan ini terlaksana pada Sabtu 6 Maret 2021 pukul 9 s.d. 12.30 WIB secara tatap maya melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan Wikiwebinar Literasi Digital Perempuan diinisiasi oleh Perempuan PGRI sebagai bagian dari Gerakan Literasi untuk Perempuan Marginal yang terprogram dilaksanakan sejak 22 Desember 2020 hingga 21 April 2021. Menurut Ketua Badan Khusus Perempuan PGRI, Ella Yulaelawati, PhD., kegiatan ini merupakan kolaborasi antarberbagai unsur di Pengurus Besar (PB) PGRI dan Wikimedia Indonesia sebagai upaya Perempuan PGRI meningkatkan literasi perempuan secara inklusif dan belajar sepanjang hayat.

Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi dalam pembukaan acara ini menyatakan “Tidak ada gap gender dalam tubuh PGRI, mereka equal. Buktinya ketua umumnya adalah seorang perempuan. Banyak juga ketua PGRI kota dan kabupaten yang ketuanya perempuan.” Lebih lanjut dikatakan Unifah bahwa pesan penting dari kegiatan ini bagi dunia bahwa di kalangan pendidik terlahir sebagai perempuan bukanlah penghalang. “Semua pihak dapat saling mendukung dan bersama-sama membangun ekosistem pendidikan yang baik dalam mendukung demokratisasi pendidikan. Keterbukaan akses pengetahuan merupakan ikon yang dibawa Wikipedia untuk mencari informasi dan pengetahuan. Teknologi telah mengubah cara kita dalam mengakses informasi, dan belajar mandiri menjadi sesuatu hal yang sangat penting“, tambahnya.

Dalam acara ini, sebagai pengisi materi adalah Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd., Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, sekaligus Sukarelawan Wikimedia Indonesia yang dipandu Rahmi Nayla dan Dimas dari Tim Pendidikan Wikimedia Indonesia.

Dalam pemaparannya, Catur Nurrochman Oktavian menyampaikan bahwa Wikimedia Indonesia sebagai mitra lokal dari Wikimedia Foundation yang berpusat di San Fransisco Amerika Serikat, telah mengelola proyek urun daya ensiklopedia daring terbesar di dunia. Wikimedia Indonesia dan PGRI menjalin kerja sama sejak awal tahun 2019 untuk melatih para guru di seluruh Indonesia menulis artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia. Pelatihan kerja sama PGRI dan Wikimedia Indonesia telah terlaksana di 8 provinsi, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan.

Para peserta yang berjumlah kurang lebih 300 orang ini, secara tekun dan aktif menyimak materi kegiatan. Secara interaktif, para peserta diberikan teori dan praktik menulis artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia, diawali dengan belajar membuat akun dan membuat halaman pengguna. Para peserta Wikiwebinar ini sangat antusias mengikuti kegiatan hingga penutupan, dan 15 orang peserta teraktif mendapatkan suvenir dari PGRI dan Wikimedia Indonesia. (CNO)