Dalam rangka Bulan Peningkatan Kompetensi Guru “Guru Bangkit Indonesia Maju”, Perkumpulan Matematika Nusantara  (MN) dan AKPS (Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis) PGRI bekerjasama melaksanakan kegiatan Workshop Nasional KBTT (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA.  Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online atau dalam jaringan selama 3 hari yakni tanggal 23 Agustus 2021 s.d. 25 Agustus 2021 setara 32 JP secara asyncronus melalui LMS Google Classroom dan syncronus melalui zoom meeting serta Youtube Streaming.

Kegiatan Workshop Nasional KBTT (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA sebagai mana motto MN yakni B2M2 (Belajar Berbagi Memotivasi Menginspirasi) bertujuan untuk mengimbaskan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan traineer pada saat mengikuti ToT KBTT dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi PISA juga untuk memotivasi dan menginspirasi peserta untuk melakukan pembelajaran dan penilaian KBTT setelah selesai mengikuti kegiatan Workshop Nasional KBTT (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA.

Kegiatan Workshop Nasional KBTT (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA pada hari Senin, 23 Agustus 2021 melalui zoom meeting dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Ibu Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. dan juga dihadiri secara virtual oleh Ketua Dewan Eksekutif APKS PB PGRI Bapak Dudung Abdul Qodir, M.Pd serta Sekjen Matematika Nusantara Bapak Dudi Wahyudi, M.Pd. beserta pengurus.  Ibu Unifah selaku Ketua Umum PB PGRI sangat mengapresiasi pelaksanaan Workshop Nasional KBTT (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA dan berharap agar kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi pendidik pada umumnya, dan pendidik pada mapel matematika pada khususnya. Beliau sangat berharap agar seluruh peserta dapat secara aktif mengikuti kegiatan Workshop Nasional KBTT (Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA dari awal hingga akhir, dan dapat menyerap semua ilmu untuk diaplikasikan di sekolah masing masing.

Kegiatan Workshop Nasional KBTT (Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA diikuti sejumlah 2.666 guru dari seluruh provinsi di Indonesia dan 2 orang guru dari Timor Leste dengan rincian 1.379 guru SD/MI sederajat, 676 guru SMP/MTs sederajat, 382 guru SMA/MA sederajat dan 231 guru SMK/MAK sederajat. Dengan peserta terbanyak dari provinsi Jawa Tengah diikuti Aceh kemudian Jawa Timur.

Kegiatan Workshop Nasional KBTT (Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA ini didampingi oleh 8 orang traineer yang telah dinyatakan lulus kegiatan ToT KBTT (Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi) dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi PISA yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidik Matematika pada tanggal 24 – 29 Mei 2021 secara tatap muka.

Semoga kegiatan Workshop Nasional KBTT (Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Matematika Berorientasi PISA terlaksana dengan lancar dan dapat memberikan kebermanfaatan. (reportase : Penni Ratnawati S.Pd)